Sunday, February 18, 2024

Review DJI Mavic Air 2: Spesifikasi, Fitur, dan Harga

-

Apakah Anda sedang mencari drone yang mampu menghasilkan kualitas video berkualitas tinggi dengan performa terbaik? DJI Mavic Air 2 mungkin menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Dalam ulasan kali ini, kita akan membahas spesifikasi, fitur, harga, kualitas video, performa terbang, keamanan, privasi, aplikasi pendukung, dan pertanyaan umum tentang DJI Mavic Air 2.

Sebagai salah satu drone terbaru dari DJI, Mavic Air 2 menawarkan banyak peningkatan dari pendahulunya, seperti fitur unggulan baru dan kemampuan perekaman video yang lebih baik. Sebelum memutuskan untuk membelinya, mari kita lihat lebih dekat spesifikasi dan fitur apa yang ditawarkan oleh Mavic Air 2.

Spesifikasi DJI Mavic Air 2

DJI Mavic Air 2 adalah drone yang dirancang untuk penggunaan pribadi maupun profesional dengan fitur dan spesifikasi yang tinggi. Drone ini dilengkapi dengan kamera 48MP dan mampu merekam video 4K pada 60fps. Berikut adalah spesifikasi lengkap dari DJI Mavic Air 2:

SpesifikasiKeterangan
KameraKamera 48MP dengan sensor 1/2-inch CMOS dan lensa 24mm
VideoVideo 4K pada 60fps, 2.7K pada 60fps, dan 1080p pada 240fps
Mode PenerbanganMode penerbangan GPS, GLONASS, dan Galileo
Area JangkauanJangkauan maksimal sejauh 10km
Kecepatan MaksimalKecepatan maksimal 68.4km/h dalam mode Sport
Waktu TerbangWaktu terbang maksimal hingga 34 menit
BateraiBaterai lithium polymer 3500mAh
UkuranPanjang 180mm, lebar 97mm, dan tinggi 84mm

Itulah spesifikasi DJI Mavic Air 2 yang memungkinkan pengguna mengambil gambar dan merekam video dengan kualitas tinggi serta kontrol yang stabil dan akurat saat terbang. Spesifikasi ini menunjukkan bahwa DJI Mavic Air 2 adalah drone yang sangat andal dan bisa diandalkan.

Fitur DJI Mavic Air 2

DJI Mavic Air 2 hadir dengan berbagai fitur canggih yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna dalam mengambil gambar dan video. Berikut adalah beberapa fitur yang dimiliki oleh DJI Mavic Air 2:

Kamera 48 MP

DJI Mavic Air 2 dilengkapi dengan kamera 48 MP yang dapat menghasilkan gambar berkualitas tinggi dengan detail yang tajam dan jelas. Kamera ini juga dilengkapi dengan sensor 1/2 inci dan aperture f/2.8 yang membuat DJI Mavic Air 2 mampu menghasilkan gambar yang cerah dan tajam bahkan pada kondisi cahaya yang minim.

Video 4K

DJI Mavic Air 2 juga dapat merekam video 4K hingga 60 fps dengan bitrate 120 Mbps. Fitur Hyperlapse 8K juga tersedia pada DJI Mavic Air 2, sehingga pengguna dapat merekam video time-lapse dengan kualitas tinggi.

ActiveTrack 3.0

Fitur ActiveTrack 3.0 pada DJI Mavic Air 2 memungkinkan pengguna untuk mengikuti objek yang bergerak secara otomatis. Fitur ini sangat berguna saat pengguna ingin merekam video atau gambar dari sudut yang berbeda.

OcuSync 2.0

DJI Mavic Air 2 dilengkapi dengan teknologi OcuSync 2.0 yang dapat meningkatkan jarak kontrol hingga 10 km dan memperkuat sinyal di wilayah dengan interferensi sinyal yang kuat.

Fly More Kit

DJI Mavic Air 2 dapat dibeli dengan Fly More Kit yang berisi aksesori tambahan seperti baterai, tas, dan filter ND. Fly More Kit ini memungkinkan pengguna untuk memperpanjang waktu terbang DJI Mavic Air 2 dan melindungi perangkat saat dibawa bepergian.

FocusTrack

Fitur FocusTrack pada DJI Mavic Air 2 memungkinkan pengguna untuk membuat video yang lebih menarik dengan teknik pengambilan gambar seperti ActiveTrack, Spotlight, dan POI. Dengan menggunakan Fitur FocusTrack, pengguna dapat membuat video yang lebih dinamis dan menarik bagi penonton.

Harga DJI Mavic Air 2

DJI Mavic Air 2 memiliki harga yang cukup terjangkau untuk drone berkualitas tinggi. Harga resmi yang ditawarkan DJI adalah sekitar Rp 15.000.000 untuk versi standar, dan sekitar Rp 19.000.000 untuk versi Fly More Combo.

Versi standar dilengkapi dengan drone, remote controller, satu baterai, kabel gimbal, kabel daya, tiga jenis kabel RC (Lightning, Micro-USB, dan USB Type-C), sepasang kontrol dan joystick reserve, delapan baling-baling, pelindung gimbal, tas baterai, dan tas bungkus.

Sementara itu, versi Fly More Combo dilengkapi dengan semua peralatan yang terdapat dalam versi standar, ditambah dengan dua baterai tambahan, pengisi daya mobil, tas bahu, dan ND filters (ND16 / 64/256).

Dengan harga yang ditawarkan, DJI Mavic Air 2 menjadi salah satu pilihan terbaik untuk penggemar drone dan fotografi udara yang menginginkan kualitas dan performa yang unggul.

Kualitas Video DJI Mavic Air 2

DJI Mavic Air 2 memiliki kemampuan merekam video hingga 4K dan 60 fps (frame per detik) dengan bitrate 120 Mbps (megabit per detik), memberikan hasil video yang tajam dan jelas. Selain itu, DJI Mavic Air 2 juga dilengkapi dengan fitur Hyperlapse, yang memungkinkan pengguna merekam video dengan gerakan cepat yang unik dan menarik.

Selain itu, DJI Mavic Air 2 juga dilengkapi dengan fitur HDR (High Dynamic Range), yang memungkinkan pengguna merekam video dengan kontras yang lebih tinggi dan detil yang lebih jelas di area yang gelap dan terang. Hal ini membuat hasil video DJI Mavic Air 2 terlihat lebih realistis dan memukau.

DJI Mavic Air 2 juga memiliki kemampuan merekam video slow motion hingga 240 fps pada resolusi 1080p, memungkinkan pengguna merekam adegan dalam gerakan lambat yang dramatis. Fitur ini sangat berguna ketika merekam aksi yang cepat, seperti olahraga ekstrem atau gerakan burung.

Foto dengan Kualitas Tinggi

Tidak hanya merekam video, DJI Mavic Air 2 juga dilengkapi dengan kamera 48 MP yang mampu menghasilkan foto dengan kualitas tinggi. Fitur SmartPhoto pada kamera DJI Mavic Air 2 juga memungkinkan pengguna mengambil foto dengan kualitas terbaik, dengan menyesuaikan pengaturan kamera seperti exposure, ISO, dan lain-lain yang sesuai dengan kondisi pencahayaan dan lingkungan sekitar.

Performa Terbang DJI Mavic Air 2

Performa terbang DJI Mavic Air 2 dapat dikatakan sangat mengesankan. Drone ini mampu mencapai kecepatan hingga 68,4 km/jam dan memiliki jangkauan penerbangan hingga 10 km. Selain itu, DJI Mavic Air 2 juga dilengkapi dengan teknologi pengendalian jarak jauh yang canggih, sehingga dapat dioperasikan dengan mudah dan stabil.

DJI Mavic Air 2 juga dilengkapi dengan sensor penghindar penghalang di semua sisi, sehingga sangat membantu untuk mencegah tabrakan saat terbang. Selain itu, drone ini juga dapat terbang hingga ketinggian 5.000 meter di atas permukaan laut dengan tingkat kestabilan yang tinggi.

Jika Anda ingin mengambil gambar di udara dengan sudut pandang yang unik, DJI Mavic Air 2 juga dilengkapi dengan fitur QuickShot yang memungkinkan Anda mengambil gambar secara otomatis dengan beberapa pilihan mode seperti Rocket, Dronie, Circle, dan lain-lain. Anda juga dapat menggunakan fitur ActiveTrack untuk mengikuti objek atau subjek tertentu saat terbang.

Dalam hal waktu terbang, DJI Mavic Air 2 dapat bertahan hingga 34 menit dengan satu kali pengisian daya baterai. Hal ini tentunya memberikan fleksibilitas yang tinggi saat digunakan untuk keperluan fotografi atau videografi.

Keamanan dan Privasi DJI Mavic Air 2

DJI Mavic Air 2 dilengkapi dengan sejumlah fitur keamanan dan privasi yang mencegah terjadinya kecelakaan dan memastikan penggunaannya aman dan legal. Berikut beberapa fitur keamanan penting pada DJI Mavic Air 2:

  • Geofencing: membantu mencegah penerbangan di daerah yang terlarang atau berbahaya.
  • Return to Home: secara otomatis mengembalikan drone ke titik awal penerbangan jika terjadi masalah teknis atau baterai lemah.
  • Avoidance System: menggunakan sensor untuk mendeteksi rintangan dan menghindarinya secara otomatis.
  • FlightAutonomy 3.0: sistem penginderaan untuk mencegah tabrakan dengan objek di sekitar drone.

Selain itu, DJI Mavic Air 2 memiliki fitur tambahan, seperti enkripsi data end-to-end dan kontrol pengguna, yang membantu menjaga privasi pengguna. Data penerbangan drone dan video yang dihasilkan aman dan tidak dapat diakses oleh pihak ketiga tanpa izin pengguna drone.

DJI Mavic Air 2 juga mematuhi semua aturan dan regulasi penerbangan drone yang berlaku. Pengguna harus mematuhi semua regulasi setempat dan mempertimbangkan faktor-faktor seperti kondisi cuaca sebelum memulai penerbangan.

Aplikasi Pendukung DJI Mavic Air 2

DJI Mavic Air 2 dilengkapi dengan aplikasi pendukung DJI Fly yang bisa diunduh di Play Store untuk pengguna Android atau App Store untuk pengguna iOS. Melalui aplikasi ini, pengguna dapat mengontrol drone, mengambil gambar atau video, dan mengedit hasilnya secara langsung.

Fitur Intelligent Flight pada aplikasi DJI Fly memungkinkan pengguna untuk membuat skenario penerbangan yang canggih dan berulang secara otomatis. Pengguna bisa mengatur rute penerbangan pada peta, menambahkan penandaan pada lokasi yang ingin diambil gambar atau video, dan drone akan mengikuti rute yang telah ditentukan tersebut. Aplikasi ini juga mendukung mode ActiveTrack dan Point of Interest, sehingga pengguna dapat mengambil gambar atau video secara presisi tanpa khawatir drone kehilangan target.

Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur QuickTransfer yang memungkinkan pengguna untuk mentransfer gambar atau video secara cepat antara drone dan smartphone atau tablet. Aplikasi DJI Fly juga memiliki fitur tutorial yang interaktif untuk membantu pengguna memahami cara menggunakan drone secara tepat.

Saat ini, aplikasi DJI Fly telah diperbarui ke versi 1.3.0 pada tanggal 9 Oktober 2020. Aplikasi ini mendukung sistem operasi minimal Android 6.0 atau iOS 10.0. Namun, untuk fitur ActiveTrack 3.0 dan Hyperlapse, dibutuhkan sistem operasi minimal Android 8 dan iOS 11.0.

Pertanyaan Umum tentang DJI Mavic Air 2

DJI Mavic Air 2 adalah pesawat drone yang cukup populer di kalangan pecinta fotografi dan videografi. Namun, seringkali muncul beberapa pertanyaan umum tentang pesawat drone ini. Berikut beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang DJI Mavic Air 2.

Apa keuntungan menggunakan DJI Mavic Air 2?

DJI Mavic Air 2 menawarkan beberapa keuntungan bagi penggunanya, seperti kemampuan untuk mengambil gambar dan video dengan kualitas tinggi, kemampuan terbang jarak jauh dengan stabil, serta berbagai fitur canggih seperti ActiveTrack, obstalce avoidance, dan lainnya. Selain itu, dengan desain yang ringkas dan portabilitas yang baik, DJI Mavic Air 2 dapat dengan mudah dibawa ke mana saja.

Berapa lama waktu terbang baterai DJI Mavic Air 2?

DJI Mavic Air 2 dapat terbang hingga 34 menit dengan baterai penuh. Namun, waktu terbang yang sebenarnya dapat bervariasi tergantung pada kondisi cuaca, lingkungan, dan penggunaan pesawat drone.

Apakah DJI Mavic Air 2 dilengkapi dengan kamera?

Ya, DJI Mavic Air 2 dilengkapi dengan kamera yang dapat merekam video hingga 4K dan mengambil foto dengan resolusi hingga 48 megapiksel. Selain itu, kamera DJI Mavic Air 2 juga dilengkapi dengan sensor 1 / 2 inci dan aperture f / 2.8 yang dapat menghasilkan gambar yang sangat tajam dan detail.

Bagaimana cara mengendalikan DJI Mavic Air 2?

DJI Mavic Air 2 dapat dikendalikan melalui penggunaan aplikasi DJI Fly yang tersedia untuk perangkat Android dan iOS. Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur yang membantu pengguna untuk mengontrol dan mengambil gambar atau video dengan mudah dan intuitif. Selain itu, DJI Mavic Air 2 juga dapat dikendalikan melalui remote controller yang tersedia secara terpisah.

Apakah DJI Mavic Air 2 memiliki fitur keamanan dan privasi?

Ya, DJI Mavic Air 2 dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan dan privasi seperti obstalce avoidance, Return-to-Home, dan geofencing. Selain itu, DJI juga telah mengambil tindakan untuk memastikan bahwa data yang dihasilkan oleh pesawat drone tidak digunakan untuk tujuan yang tidak sah.

Bagaimana cara melakukan pemeliharaan DJI Mavic Air 2?

Untuk menjaga kinerja DJI Mavic Air 2, Anda perlu memperhatikan beberapa hal seperti menjaga kondisi baterai, membersihkan kamera dan perlengkapan pesawat drone secara teratur, serta memperbarui firmware secara berkala. DJI juga menyediakan garansi dan dukungan teknis untuk membantu pengguna dalam memelihara pesawat drone mereka.

Silahkan liat juga macam – maca drone yang lain selain dari merek dji. Jangan lupa kunjungi terus website ECTech News untuk up to date informasi terbaru seputar teknologi. Kunjungi juga social media kami seperti Facebook Twitter Instagram dan Youtube ECTech News. Silahkan support dengan cara follow dan bagikan konten social media kami.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

FOLLOW US

0FansLike
3,912FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
spot_img

Related Stories